Alat Beladiri Aikido - mokuzaisport.com

Inilah 3 Alat Beladiri Aikido yang Perlu Anda Tahu

Artikel kita kali ini akan membahas mengenai alat beladiri Aikido. Karena sepengetahuan kami, beladiri Aikido menggunakan beberapa alat beladiri.

Meskipun Aikido lebih dikenal sebagai beladiri tangan kosong namun ada beberapa peralatan dan perlengkapan berlatih dalam Aikido.

Namun sebelum kita bahas alat-alat yang digunakan dalam beladiri Aikido, bagi Anda yang belum tahu apa itu Aikido yuk kita kenalan dengan Aikido.

Apa itu Aikido?

Aikido adalah jenis seni beladiri yang memiliki akar pertumbuhan dan budaya dari Jepang. Menurut para ahli beladiri, Aikido merupakan manifestasi dari pemikiran Jepang modern yang diselimuti dengan budaya tradisional Jepang.

Sejarah Aikido

Seni beladiri ini didirikan oleh Morihei Ueshiba (1883 – 1969) yang disebut juga o-sensei (guru besar). Aikido dikembangkan sejak akhir tahun 1920-an hingga 1930-an. Dalam mengembangkan dan memperkaya Aikido, Ueshiba mempelajari berbagai macam seni beladiri sehingga menjadi suatu beladiri yang unik.

Morihei Ueshiba mendirikan sekolah pertamanya dengan nama “Ueshiba Ryu Daito Aiki jutsu”. Kemudian berganti nama “Aiki Budo”. Dan akhirnya namanya berganti lagi menjadi “Aikido”.

Dojo Aikido pertama yaitu Aikikai Hombu Dojo, terletak di Tokyo. Sampai sekarang masih tetap ada dan menjadi pusat perkembangan Aikido di seluruh dunia.

Alat-Alat Beladiri Aikido

Ada beberapa peralatan dan perlengkapan beladiri yang digunakan dalam beladiri Aikido, antara lain.

  1. Bokken (pedang kayu)
    Bokken adalah alat beladiri Aikido yang berbentuk pedang dan terbuat dari bahan kayu.

    Pada umumnya bokken dibuat sebagai pengganti pedang katana asli agar tidak berbahaya pada saat berlatih. Namun bukan berarti bokken tidak bisa menjadi senjata yang mematikan. Kalau untuk memukul kepala tetap bikin benjol. Hahahaha…

    Bokken - Alat Latihan Beladiri Aikido - Mokuzaisport.com

    Bokken sebagai alat latihan beladiri Aikido

    Jadi tetap hati-hati ya…

    Mokuzaisport menyedia beberapa produk bokken berdasarkan bahan kayunya, antara lain :

  2. Jo (tongkat kayu)
    Jo adalah peralatan beladiri Aikido yang berupa tongkat kayu sepanjang sekitar 128cm. Mokuzaisport menyediakan Jo dengan bahan kayu bengkirai.

    Jo biasanya digunakan dalam latihan berpasangan baik dalam latihan pertarungan bersenjata maupun latihan tangan kosong melawan senjata tongkat (jo).

    Jo - alat latihan beladiri aikido - mokuzaisport.com

    Jo dalam sesi latihan beladiri aikido

    Produk Jo yang tersedia di Mokuzaisport adalah KIMU Scorpion Jo (Tongkat Kayu Bengkirai).

  3. Tanto (pisau kayu)
    Tanto adalah alat beladiri Aikido yang biasanya digunakan dalam latihan pertarungan berpasangan yaitu Tori atau Dori. Menurut informasi yang diperoleh tim Mokuzaisport, ada istilah “Tori” atau “Dori” dalam Aikido yang artinya tangan kosong melawan senjata.

    Tanto digunakan untuk melatih teknik mengambil dan mempertahankan senjata.

    Adapun produk Tanto yang tersedia di Mokuzaisport adalah :

    Meskipun ada beberapa alat atau senjata yang digunakan dalam latihan Aikido, tetapi pada umumnya Aikido lebih dikenal dengan teknik tangan kosong (taijutsu). Meskipun begitu tidak dapat dibantah bahwa Aikido sebenarnya didasari oleh gerakan kenjutsu (ilmu pedang).

    Pada jaman dulu orang berlatih menggunakan ken (pedang), jo (tongkat), atau senjata lain untuk membunuh atau atau melukai musuh mereka. Namun dalam Aikido, ken atau jo justru digunakan hanya untuk menyempurnakan semangat dari suatu gerakan, teknik yang sempurna, dan harmonisasi.

    Dalam pertarungan seorang Aikidoka harus mampu untuk melakukan taijutsu agar tidak melukai lawannya. Jadi apabila seorang Aikidoka memegang senjata seperti bokken, jo atau senjata yang lain, bukan berarti ia boleh menggunakannya untuk melukai seseorang.

    Yang menjadi hal yang menarik dari Aikido adalah beladiri ini bersumber dari semangat cinta dan melindungi serta memberikan rasa aman pada semua ciptaan Tuhan, termasuk lawan tentunya.

    “Aikido bukan teknik berkelahi atau menyerang musuh kita. Ini adalah jalan untuk untuk memperbaiki dunia dan membuat manusia menjadi satu keluarga”. – O Sensei (Founder Aikido)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat
Tanya cs kami disini
Halo... Apa yang bisa kami bantu?