Beberapa waktu lalu tim Mokuzaisport menemukan informasi mengenai sebuah beladiri baru dan benar-benar asli dari Indonesia, yaitu Kapista – Moluccan Fighting System. Menurut data yang diperoleh Mokuzaisport dari catatan facebook salah satu pendirinya yaitu, Michael Sahertian, Kapista hadir sejak tahun 2011.

Logo Kapista - www.mokuzaisport.com

Kapista sendiri merupakan sebuah sistem beladiri yang mengambil esensi Tarian Cakalele dari Maluku. Dan menurut Michael Sahertian sendiri tarian cakalele sendiri sebenarnya sebuah konsep beladiri. Kemudian agar tidak begitu terlihat maka dimasukkan ke dalam sebuah tarian. Kapista sendiri mengambil pola dasar tarian Cakalele yang kemudian menjadi sebuah bentuk sistem beladiri.

Yang menarik dari Kapista adalah Kapista tidak sekedar mengambil pola dasar tarian Cakalele pada umumnya. Namun secara khusus mengambil pola dasar tarian Cakalele dari keluarga pendirinya yaitu keluarga Sahertian. Karena memang tarian Cakalele dari setaip keluarga di Maluku memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal ini menjadikan Kapista memiliki dasar-dasar yang khas keluarga Sahertian.

Kapista Moluccans Fighting System - www.mokuzaisport.com

Hal ini menjadi menarik bagi Mokuzaisport, karena dengan adanya Kapista – Mollucans Fighting System ini menjadi sebuah bentuk pelestarian budaya bangsa yang perlu kita apresiasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai Kapista, berikut video mengenai Kapista – Moluccan Fighting System.

 

Berikut adalah perubahan nama dan teknik2 yang terkandung dalam Kapista mulai dari tahun 2011 s/d 2015 (dikutip dari catatan Facebook Michael Sahertian, Founder dari Kapista – Moluccans Fighting System) :

Pertengahan tahun 2011 merupakan tahun awal berdiri dan disebut sebagai KAPISTA sebagai kependekan dari Kombat Art for Protection Against Random Attack dengan format teknik menekankan pada Sistem Beladiri Praktis dan “Close Quarter Combat” menggunakan tangan kosong dan ‘alternate weapon’ saat itu KAPISTA adalah penyederhanaan dari teknik-teknik Ju Jitsu digabungkan dengan teknik-teknik dasar tinju.

Pada awal 2012 – pertengahan tahun 2013, KAPISTA menjadi ‘Kapista Combat Art’

Kira2 di pertengahan tahun 2013 menjadi Kapista – Hybrid Fighting System

dari tahun 2011 sampai tahun 2014 walaupun terjadi perubahan nama tapi tidak ada perubahan dalam teknik dan pola latihan.

November 2014 sudah terjadi sedikit perubahan dimana unsur budaya Maluku dalam tarian Cakalele mulai masuk.

15 Februari 2015 – Logo Baru diperkenalkan kepada umum sekaligus mengukuhkan sebagai Sistem Beladiri Pertama dari Maluku yang diperkenalkan kepada masyarakat luas dan mempergunakan nama ‘Sistem Beladiri Maluku – KAPISTA’ ATAU ‘Moluccans Fighting System – KAPISTA’

Karena masih cukup baru, belum banyak informasi yang diperoleh Mokuzaisport mengenai Kapista ini. Namun dengan adanya Kapista – Moluccans Fighting System ini cukup menggelitik tim Mokuzaisport dan menjadi tertarik tentang budaya Maluku.

Demikian ulasan Mokuzaisport mengenai Kapista – Moluccans Fighting System. Karena terbatasnya informasi yang diperoleh, maka kami mohon maaf apabila ada informasi yang tidak tepat. Jika ada informasi mengenai Kapista – Moluccans Fighting System, mohon informasikan kepada kami, baik melalui komentar di bawah ini maupun langsung menghubungi kami.

Semoga Bermanfaat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *