Memilih Bokken - mokuzaisport.com

Memilih Bokken atau Pedang Kayu yang Tepat untuk Anda

Pada artikel kali ini kita akan bahas mengenai cara memilih bokken atau pedang kayu yang tepat untuk Anda. Menurut kami pembahasan ini penting sekali untuk Anda yang membutuhkan informasi penting mengenai cara memilih pedang kayu atau bokken untuk berlatih beladiri.

Bokken atau Pedang kayu adalah peralatan beladiri yang berbentuk pedang dan terbuat dari kayu yang digunakan untuk berlatih beladiri seperti Aikido, Kendo, Iaido, Kenjutsu dan beladiri lainnya yang sesuai. Alat beladiri yang terkenal di kalangan aikidoka ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Anda dapat membaca lebih dalam di artikel “Tentang Bokken dan sejarahnya”.

KIMU Black Phoenix Bokken (Pedang Kayu Sonokeling) - Memilih Bokken - Mokuzaisport

KIMU Black Phoenix Bokken (Pedang Kayu Sonokeling) – Mokuzaisport

Meskipun bentuknya cukup sederhana, banyak banyak para pelanggan yang masih kebingungan dan ragu untuk memilih bokken yang tepat untuk alat berlatihnya. Maka pada artikel ini kita akan bahas mengenai memilih bokken yang tepat.

Ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai acuan atau tips atau cara dalam memilih bokken, antara lain :

#1. Bahan Kayu

Ada banyak bahan kayu yang dapat diolah menjadi bokken. Di Mokuzaisport sendiri menyediakan bokken dengan 3 macam bahan kayu, yaitu kayu bengkirai, kayu sawo dan kayu sonokeling.

Biasanya para pelanggan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai bahan kayu, biasanya seputar :

  • Tingkat kekerasan
    Tiga bahan kayu yang dijadikan bahan baku pembuatan bokken merupakan jenis kayu keras. Artinya ketiga bahan kayu tersebut memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi. Jadi bisa dikatakan semua bahan kayu ini realtif sudah cukup keras. Namun urutan hingga yang paling keras adalah : kayu bengkirai, kayu sawo dan kayu sonokeling.
    Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa bukan berarti kayu bengkirai tidak keras. Justru kayu bengkirai ini sudah cukup keras dan cukup untuk digunakan berlatih.
    Namun urutan tersebut menjadi relatif. Karena menurut pengalaman kami, tidak selalu urutannya begitu. Kadang bokken bahan kayu bengkirai lebih keras di bandingkan bahan kayu lainnya. Karena untuk menjadi kayu yang keras memerlukan banyak faktor. Diantaranya faktor suhu, lokasi tanam dan lain-lain. Oleh karena itu Mokuzaisport memiliki standar kualitas untuk pemilihan bokken yang dijual.
  • Tidak Mudah Patah
    Sebenarnya agak sulit mengatakan bokken yang tidak mudah patah. Karena bagaimanapun bokken sekuat apapun tetap terbuat dari kayu. Sedangkan kayu yang digunakan untuk benturan memiliki kemungkinan untuk patah. Sampai detik ini, yang disebut dengan bokken adalah pedang yang terbuat dari kayu.
    Nah… bagi Anda yang tidak ingin bokken dengan resiko patah. Ada 2 tips yang dapat Anda lakukan. Tips ini mengurangi resiko bokken patah hingga 75%. Caranya ada dua, yang pertama jangan gunakan untuk latihan benturan, gunakan untuk latihan sikap saja. Yang kedua jangan gunakan untuk latihan, jadikan pajangan saja. Hehehe…

#2. Standar Ukuran

Sependek sepengetahuan kami ada standar khusus untuk ukuran bokken. Yaitu disesuaikan dengan tinggi badan masing-masing penggunanya. Yaitu apabila dalam posisi berdiri tegak normal. Kemudian bokken dipegan dan diarahkan ke bawah. Maka seharusnya ada jarak beberapa centimeter dari permukaan tanah.

Sedangkan bokken yang tersedia di Mokuzaisport adalah bokken produksi KIMU dengan panjang 100cm – 102cm. Dengan panjang gagah (tsuka) 27.5 cm dan panjang bilah (nagasa) 72.5 cm. Lebih jelasnya Anda dapat membaca deskripsi produk bokken, salah satunya adalah KIMU Black Dragon Bokken (Pedang kayu bengkirai).

#3. Aliran Bokken

Tidak hanya beladiri saja yang ada alirannya. Bokken juga ada alirannya lho. Baru tahu ya? Hehehe…. sama. Saya juga.

Di Mokuzaisport sendiri ada 3 maca bokken aliran :

  1. Muso Shinden
  2. Yagyu Shinkage
  3. Katori Shin

Pemilihan bokken ini ya tergantung dari aliran bokken yang Anda gunakan. Namun jika beladiri Anda tidak melatih aliran bokken tertentu Anda dapat memilih bokken reguler yang biasa digunakan oleh beladiri aikido.

Nah… seharusnya ini yang paling awal yang harus dipertimbangkan dalam memilih bokken. Jangan sampai Anda sudah beli bokken dengan kualitas terbaik, eh ternyata tidak sesuai dengan aliran bokken yang digunakan dalam beladiri Anda. Untuk ini silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan pelatih beladiri Anda.

#4. Selera Warna

Kalau yang ini saya sendiri tidak dapat merekomendasikan kepada Anda mana yang terbaik. Urusan warna dapat membuat seseorang batal membeli bokken. Karena setiap orang memiliki selera masing-masing. Terutama soal warna.

Mokuzaisport sendiri menyediakan 3 warna bokken yang dapat Anda pilih, yaitu black, dark dan gold. Silakan pilih sesuai dengan selera Anda.

Dark Dragon Bokken (Pedang Kayu Bengkirai) - Mokuzaisport.com

KIMU Dark Dragon Bokken

Black Dragon Bokken (Pedang Kayu Bengkirai) - www.mokuzaisport.com

KIMU Black Dragon Bokken

Gold Dragon Bokken (Pedang Kayu Bengkirai) - www.mokuzaisport.com

KIMU Gold Dragon Bokken

#5. Harga dan Tujuan Membeli

Harga itu perlu jadi pertimbangan, karena menyangkut isi dompet atau rekening kita. Hehehe… Saran kami, jika Anda membutuhkan bokken yang untuk digunakan latihan benturan yang sangat intens, pilihlah bokken yang harganya paling terjangkau. Misalnya di Mokuzaisport ada bokken bahan kayu bengkirai yang harganya relatif lebih terjangkau daripada yang berbahan kayu sawo atau kayu sonokeling.

Karena semua bokken bahannya kayu yang punya resiko patah apabila dipakai untuk benturan. Biar nggak rugi-rugi amat pilih saja yang harganya paling terjangkau.

Nah apabila tujuan Anda untuk koleksi dan Anda sendiri menyukai keindahan. Saya menyarankan Anda membeli bokken bahan kayu sonokeling. Selain cukup tangguh dan keras, tekstur serat kayu sonokeling sangat indah dan enak untuk dipandang. Namun dari sisi harga bokken kayu sonokeling tergolong cukup tinggi. Jadi silakan pertimbangkan sebelum melakukan pembelian.

KIMU Black Phoenix Bokken (pedang kayu sonokeling) new

Penampilan tekstur serat kayu bokken kayu sonokeling (Black Phoenix Bokken)

Lalu bagaimana jika Anda butuh bokken untuk latihan benturan, harganya cukup terjangkau tapi tetap indah dipandang?

Untuk yang ini, Anda boleh memilih bokken kayu sawo.

Bokken kayu sawo memiliki daya tahan yang cukup untuk benturan, harganya menengah, dan memiliki tekstur yang tidak kalah dengan bokken kayu sonokeling yang membuatnya cukup gagah.

Gold Tiger Bokken (Pedang Kayu Sawo) - www.mokuzaisport.com

Gold Tiger Bokken (Pedang Kayu Sawo) – www.mokuzaisport.com

Gold Tiger Bokken (Pedang Kayu Sawo) - www.mokuzaisport.com

Gold Tiger Bokken (Pedang Kayu Sawo) – www.mokuzaisport.com

Anda dapat memperoleh informasi lebih lengkap yang telah kami kemas dalam bentuk tanya-jawab di artikel FAQ Tentang Bokken. Silakan baca untuk menambah pertimbangan Anda dalam memilih bokken yang tepat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read!