Sejarah Wing Chun dan Perkembangannya di Indonesia - mokuzaisport.com

Sejarah Wing Chun dan Perkembangannya di Indonesia

Bila anda pernah menonton film IP Man tentunya anda pernah melihat aktor ternama Bruce Lee. Ia adalah seorang legenda bela diri. Hal yang terbesit ketika menonton film ini adalah Wing Chun. Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana sejarah Wing Chun.

Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa jenis seni bela diri, salah satunya adalah Wing Chun. Seni bela diri tersebut dimainkan dalam film IP Man yang juga diperankan oleh Bruce Lee.

Sejarah Wing Chun Dalam Seni Bela Diri

Banyak orang yang belum mengetahui seperti apa dan bagaimana sejarah dari seni bela diri Wing Chun. Terkadang seseorang hanya mengetahui namanya saja, namun tidak mengetahui sejarahnya.

Wing Chun sendiri berasal dari bahasa Tiongkok yang memiliki sebuah arti sebagai nyanyian pada musim semi. Lebih spesifiknya adalah musim semi yang abadi. Namun dalam sejarahnya, Wing Chun lebih diceritakan sebagai sebuah mitos atau legenda.

Namun sejarah Wing Chun ini juga diceritakan secara turun temurun. Asal muasal dari seni bela diri Wing Chun memang belum diketahui kepastiannya. Namun ada beberapa sejarah yang dipercaya oleh masyarakat Tiongkok mengenai sejarah dan asal muasal seni bela diri Wing Chun.

Seperti yang diketahui bahwa seni bela diri Wing Chun ini identik dengan serangan jarak dekat. Perlu anda ketahui bahwa serangan jarak dekat diciptakan oleh pendekar wanita yang bernama Ng Mui. Wanita tersebut hidup pada masa pemerintahan Kaisar Yung Chen 1.

Kaisar tersebut berada pada masa pemerintahan Dinasti Qing tahun 1723 hingga 1736. Pada saat itu ada sebuah kuil Shao Lin yang terbakar. Pendekar wanita yang bernama Ng Mui merupakan satu-satunya master Wing Chun yang berasal dari kuil Shao Lin.

Ng Mui merasakan peristiwa pahit ketika kebakaran tersebut. Kemudian pendekar wanita tersebut melakukan pengejaran terhadap pengkhianat tersebut. Dalam pengejarannya Ng Mui yang merupakan pendekar wanita dari Shao Lin menggunakan seni bela dirinya.

Dalam seni bela diri Wing Chun ini terdapat sebuah gerakan sederhana yang digabungkan menjadi satu. Gerakan tersebut kini telah mengalami banyak perubahan dan perbaikan. Sejarah Wing Chun memang berasal dari Tiongkok namun belum ada kepastian yang lebih jelas. Namun masyarakat Tiongkok mempercayai bahwa Wing Chun berasal dari gerakan pendekar wanita Ng Mui.

Perkembangan Sejarah Wing Chun di Indonesia

Setelah mengalami berbagai perkembangan dan perbaikan, seni bela diri Wing Chun juga telah berkembang di Indonesia. Selain seni bela diri Muay Thai, karate, dan Wushu, di Indonesia juga berkembang Wing Chun.

Bahkan di Indonesia terdapat persatuan yang menaungi para atlet dari perguruan Wing Chun. Bisa dibilang persatuan tersebut merupakan sebuah federasi.

Banyak atlet Wing Chun dari berbagai perguruan yang sering mengikuti turnamen. Jika dilihat dari sejarah Wing Chun, gerakan yang digunakan cukup sederhana namun digabung-gabungkan.

Terkadang ada beberapa turnamen Wing Chun yang diselenggarakan pada waktu tertentu. Perguruan Wing Chun yang ada di Indonesia juga tersebar di berbagai wilayah.

Mulai dari sebaran di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, hingga Sulawesi. Banyaknya perguruan Wing Chun di Indonesia membuat banyak orang bisa mengembangkan bakat dan potensinya.

Sejarah Wing Chun memang belum banyak diketahui orang. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui mengenai sejarah seni bela diri Wing Chun. Hal ini juga menjadi sebuah pengetahuan terkait dengan seni bela diri di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read!