Sejarah Bokken dan Seluk Beluknya - Mokuzaisport.com

Sebagai penyedia peralatan beladiri tentunya Mokuzaisport memiliki produk-produk unggulan yang sampai saat ini menjadi produk terlaris yang digemari oleh pecinta beladiri. Selain Wooden Dummy, produk bokken merupakan produk yang paling laris di pasaran.

Apa itu Bokken?

Bokken adalah peralatan beladiri yang berbentuk pedang dan terbuat dari kayu yang digunakan untuk berlatih beladiri seperti Aikido, Kendo, Iaido, Kenjutsu dan beladiri lainnya yang sesuai. Meskipun begitu banyak juga aliran beladiri lainnya yang menggunakan bokken sebagai peralatan berlatih.

Di Jepang sendiri, bokken lebih dikenal dengan sebutan BOKUTO. Biasanya bokken memiliki ukuran panjang yang hampir sama dengan katana.

Bokken berbeda dengan shinai. Shinai adalah pedang yang terbuat dari bambu sehingga lebih lentur daripada bokken.

KIMU Black Phoenix Bokken (Pedang Kayu Sonokeling)

Sejarah Bokken

Sejarah bokken yang jarang sekali dibahas. Sejarah bokken tidak lepas dari sejarah Jepang di zaman feodal. Bokken didesain pada zaman feodal Jepang digunakan untuk pelatihan para prajurit samurai. Bokken pada waktu itu juga digunakan untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh pertarungan dengan pedang asli. Hingga pada akhirnya bokken menjadi senjata yang mematikan di tangan para ahli pedang.

Bagi Anda yang menyukai kisah Miyamoto Musashi tentunya tahu bahwa sang legenda ini terkenal karena mampu mengalahkan musuh-musuhnya yang bersenjata lengkap hanya dengan satu atau dua buah bokken. Dalam sebuah legenda yang cukup terkenal, dia pernah mengalahkan Sasaki Kojiro dengan menggunakan bokken yang diukirnya dari dayung saat dalam perjalanan dengan perahu menuju tempat duel.

Miyamoto Musashi memegang dua bokken
Miyamoto Musashi memegang dua bokken

Kegunaan Bokken

Bokken digunakan untuk menggantikan pedang yang sebenarnya dalam berlatih beladiri, terutama aliran beladiri dari jepang. Bokken digunakan karena hanya membutuhkan sedikit perawatan daripada katana. Selain itu membawa bokken ke tempat latihan mengurangi resiko cidera baik untuk diri sendiri maupun untuk orang-orang di sekitar.

Meskipun begitu, bokken tetap memiliki keunggulan dibandingkan pedang asli dan bokken dapat menjadi senjata yang mematikan dan berbahaya. Oleh karena itu penggunaan bokken tetap harus hati-hati untuk mengurangi resiko bahaya.

Bokken Katori yang cukup legendaris, merupakan salah satu produk bokken best seller di Mokuzaisport Lebih dalam mengenai Bokken silakan baca FAQ Tentang Bokken.

KIMU Dragon Bokken - Mokuzaisport.com
KIMU Black Dragon Bokken : Salah satu bokken terlaris yang menjadi pilihan banyak praktisi beladiri

Tentang Suburito

Suburito sebenarnya adalah bokken yang memiliki ukuran lebih besar daripada bokken pada umumnya. Suburito digunakan untuk latihan teknik suburi. Dalam Kendo, Suburi adalah teknik latihan melakukan tebasan secara berulang-ulang.

Suburito memiliki ukuran dan berat yang lebih besar daripada bokken pada umumnya, dikarenakan dalam penggunanannya untuk melatih kekuatan dan teknik.

Suburito yang terkenal dibuat oleh Sang Legenda Miyamoto Musashi yang diukirnya dari dayung perahu untuk mengalahkan Sasaki Kojiro.

KIMU Dragon Bokken (Kayu Bengkirai)

KIMU Dragon Bokken adalah bokken besutan KIMU products yang berbahan kayu bengkirai yang diproduksi dengan ketelitian yang baik dan rapi oleh tangan-tangan yang terampil dan berpengalaman.

KIMU Dragon Bokken ini sendiri sudah banyak digunakan oleh para praktisi beladiri Aikido, Kenjutsu maupun Ninjutsu di Indonesia dari tahun 2016.

Bagi Anda yang berminat, Anda bisa mendapatkan KIMU Dragon Bokken dengan diskon 5% disini.

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Bokken

https://id.wikipedia.org/wiki/Katana

https://id.wikipedia.org/wiki/Kendo

https://en.wikipedia.org/wiki/Miyamoto_Musashi

https://en.wikipedia.org/wiki/Suburitō

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *