Sudahkah Anda mengetahui tentang Hakama KIMU?

Ya… Hakama itu merupakan salah satu produk dari KIMU Collection yang saat ini menjadi produk unggulan di Mokuzaisport. Tidak hanya karena merupakan produk yang sedang sangat laris-larisnya. Hakama KIMU ini juga memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi.

Namun… bukan itu yang akan saya bahas dalam artikel ini. Jadi, mari kita mulai bahasan yang sebenarnya. Yaitu tentang Filosofi Hakama dan Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Begini… Ternyata tidak sedikit yang belum tahu tentang Filosofi Hakama yang sebenarnya. Ini beneran lho…

Saya aja juga baru-baru ini tahu tentang folosofi yang ada dalam hakama ini. Jadi biar nggak lama-lama mari kita bahas bareng-bareng.

Hakama merupakan salah satu bagian dari pakaian tradisional Jepang yang biasa digunakan oleh para samurai, bangsawan Jepang dan para praktisi beladiri seperti Aikido, Kenjutsu, Kendo dll. Ada beberapa macam bentuk Hakama yang ada di Jepang, namun yang biasa digunakan oleh para praktisi beladiri disebut dengan Joba Hakama, dimana panjangnya kira-kira sampai dengan mata kaki. Hakama yang berbentuk seperti rok tabung, yang bentuknya polos seperti rok biasa, yang biasa digunakan oleh para wanita Jepang. Hakama yang biasanya digunakan ketika kunjungan Shogun atau kekaisaran lebih panjang lagi, hakama ini mengharuskan para penggunanya untuk berjalan dengan Shikko (berjalan dengan lutut), Hakama ini biasanya digunakan oleh para pelayan sehingga tidak memungkinkan mereka untuk menyembunyikan senjata.

Hakama sendiri bukan hanya sekedar bagian dari pakaian tradisional Jepang saja, pada bagian hakama terdapat 4 tali pengikat yang disebut Himo. Dua Himo terdapat masing-masing di sisi bagian depan dan dua lainnya di sisi bagian belakang. Pada bagian belakang hakama terdapat papan yang disebut Koshi-Ate. Dibawahnya terdardapat Hakama Dome yang diselipkan pada sabuk. Lipatan pada hakama berjumlah 7 lipatan, 2 lipatan di bagian belakang dan 5 lipatan di bagian depan. Lipatan-lipatan ini mengandung filosofi yang merupakan simbol yang melambangkan nilai-nilai :

– jin (benevolence) atau kasih sayang,
– gi (justice) atau keadilan,
– rei (politeness) atau kesopanan,
– yuu (bravery) atau keberanian,
– makoto (veracity) atau kejujuran,
– meiyo (honor) atau kehormatan, dan
– chuugi (loyalty) atau kesetiaan.

Harapannya dengan memakai hakama, pemakai hakama diharapkan dapat menjunjung tinggi nilai-nilai yang dilambangkan tersebut.

Nah Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki Hakama bisa cek melalui gambar-gambar berikut.

Lengkapnya Anda bisa lihat produk Hakama KIMU Collection.

Similar Posts