Sebelum kita bahas mengenai berlatih menggunakan boneka kayu Wingchun atau Mok Yan Jong, tentunya kita perlu tahu apa itu Mok Yan Jong.

Menurut Wikipedia, Mok Yan Jong (Bahasa kanton: muk yan jong/Mandarin: mu ren zhuang) menurut arti harfiah adalah ‘gelondongan kayu’ yang ditancapkan di atas tanah. Mok Yan Jong digunakan dalam latihan untuk menggantikan tubuh lawan kita. Itulah mengapa Mok Yan Jong sering pula disebut sebagai manusia kayu wingchun. Jadi dapat disimpulkan bahwa Mok Yan Jong adalah alat latihan berupa ‘gelondong kayu’ yang dibentuk menyerupai manusia untuk menggantikan tubuh lawan dalam berlatih beladiri.

Sebenarnya ada banyak macam Mok Yan Jong atau Boneka Kayu (Wooden Dummy) namun yang paling banyak dikenal adalah boneka kayu yang digunakan dalam beladiri wing chun atau jeet kune do.

MANFAAT MOK YAN JONG UNTUK MELATIH KELINCAHAN DAN KEPEKAAN

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan berlatih menggunakan boneka kayu wingchun atau Mok Yan Jong, salah satunya untuk melatih kelincahan dan kepekaan.

Untuk dapat melatih gerakan dengan baik, maka diperlukan Mok Yan Jong yang baik dan berkualitas. Mok Yan Jong yang baik adalah Mok Yan Jong yang dapat memberikan efek balasan ketika mendapatkan serangan. Efek balasan ini dapat membantu praktisi beladiri untuk melatih kelincahan gerakan.

Di samping itu Mok Yan Jong dapat membantu kita untuk melatih kepekaan sentuhan tangan. Dengan adanya efek balasan yang ada pada Mok Yan Jong yang didesain dengan baik, maka kita dapat melatih kepekaan sentuhan tangan untuk menangkis serangan dan melakukan serangan balik.

Menariknya, dengan menggunakan boneka kayu wingchun / Mok Yan Jong juga dapat membantu kita melatih ketepatan serangan pada sasaran. Dibandingkan tanpa menggunakan Mok Yan Jong, berlatih dengan menggunakan Mok Yan Jong dapat membantu kita mengetahui sasaran dan melancarkan serangan hingga tepat sasaran.

PENTINGNYA MEMILIH MOK YAN JONG YANG BAIK DAN BERKUALITAS

Satu hal yang perlu diingat sebelum memilih dan membeli Mok Yan Jong adalah “HARGA tidak selalu menentukan KUALITAS”. Oleh karena itu, pertama kali yang perlu diperhatikan dalam memilih Mok Yan Jong adalah kualitasnya, bukan harganya. Karena akhirnya harga menjadi tidak penting lagi ketika Anda mendapatkan kualitas yang Anda cari. Setuju kan?

Lalu kualitas yang seperti apakah yang perlu kita perhatikan dalam memilih Mok Yan Jong?

1. Pilihlah Mok Yan Jong dengan desain yang baik

Mok Yan Jong yang baik adalah yang didesain untuk memenuhi kebutuhan latihan. Yang tentunya dapat membantu Anda untuk memperoleh manfaat-manfaat seperti yang tersebut di atas. Salah satu poin penting adalah kelenturan dari Mok Yan Jong itu sendiri. Di samping itu bagian tangan dan kaki Mok Yan Jong yang tidak terpasang mati.

Mok Yan Jong yang tangan dan kakinya terpasang mati. Atau tidak memiliki rongga sehingga dapat sedikit bergeser. Selain dapat membahayakan tulang belakang pengguna juga tidak dapat memunculkan efek balasan.

Efek balasan Mok Yan Jong juga dapat Anda peroleh ketika Anda memiliki Mok Yan Jong yang memiliki kelenturan yang baik. Namun terlalu lentur juga tidak baik. Jadi pilihlah Mok Yan Jong yang memiliki kelenturan yang cukup sehingga dapat memberikan efek balasan ketika digunakan.

2. Kualitas Bahan Kayu Mok Yan Jong

Kualitas bahan kayu itu penting. Karena bahan kayu yang digunakan untuk membuat Mok Yan Jong, menentukan seberapa lama Anda dapat menggunakan boneka kayu wingchun / mok yan jong tersebut.

Penting sekali Anda memilih produsen Mok Yan Jong yang memiliki standar kualitas dalam pemilihan bahan kayu yang baik. Dengan adanya standar kualitas, maka produsen memiliki quality control yang baik pada produk-produk Mok Yan Jong – nya.

Untuk menambah wawasan Anda mengenai standar kualitas bahan kayu yang digunakan dalam pembuatan Mok Yan Jong, Anda dapat membaca artikel tentang struktur kekuatan kayu ini dan juga artikel tentang standar kualitas Mok Yan Jong.

Demikian pembahasan Mok Yan Jong dari Tim Mokuzaisport. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk memberikan wawasan yang cukup bagi Anda dalam menggunakan boneka kayu wingchun / Mok Yan Jong dan juga membantu Anda dalam memilih Mok Yan Jong yang baik dan berkualitas.

Mokuzaisport Martial Arts

Similar Posts