Pada dasarnya untuk mencapai sesuatu memerlukan proses. Termasuk dalam berlatih beladiri. Tidak ada yang instan. Seseorang yang belum pernah sama sekali atau sudah lama sekali tidak melatih suatu gerakan tertentu pastinya tidak bisa langsung dengan cepat dan instan dapat melakukan gerakan tersebut. Perlu proses latihan yang terus menerus sehingga dapat melakukan gerakan tersebut secara sempurna.

bruce lee & Ip man - Proses dalam berlatih beladiri - mokuzaisport

Sejauh pengamatan dan sepengetahuan Tim Mokuzaisport, ketika seseorang yang sudah lama  berkecimpung di satu jenis beladiri tertentu kemudian ingin mempelajari jenis beladiri lainnya, tetap memerlukan penyesuaian dan proses latihan yang berkesinambungan. Dan kami yakin para praktisi beladiri yang sudah berpengalaman menyadari hal ini. Dan tentunya tahu persis bahwa untuk mempelajari sesuatu yang baru atau sesuatu yang sudah lama tidak dilatih perlu proses latihan lagi.

“You can only understand if you’ve had the technique done to you. It’s like food. You can’t describe the taste, but if you’ve tasted it, you know what it is. You have to personally experience it to understand.” – Masaaki Hatsumi (pendiri Bujinkan Ninjutsu)

Kutipan menarik dari Masaaki Hatsumi tersebut menyadarkan kembali bahwa untuk dapat melakukan suatu gerakan yang baru perlu latihan yang dialami, bukan sekedar dibicarakan. Dan tentunya latihan tersebut memerlukan proses dan waktu untuk menjalaninya.

Sebagai contoh, meskipun seseorang yang sudah lama berlatih beladiri dari sejak dini sampai dewasa, tapi sudah lama tidak latihan push up, maka tidak serta merta dapat langsung melakukan push up sebanyak 100 kali. Mungkin saja bisa, namun jika hal itu dipaksakan maka justru akan merusak otot-otot lengan. Bahkan bisa cidera. Untuk dapat melakukannya dengan baik dan tidak beresiko, maka latihan harus bertahap. Misalkan seminggu pertama push up 10 kali. Pada minggu kedua ditingkatkan menjadi 20 kali. Dan pada minggu berikutnya ditingkatkan lagi sampai dapat melakukan push up 100 kali secara sempurna.

Ip man movie - Proses dalam berlatih beladiri - mokuzaisport.com

Sebagai penutup ada sebuah kutipan menarik dari Bruce Lee :

“I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times”
Bruce Lee

Pada intinya sebuah kesabaran dalam proses berlatih sangat penting untuk mencapai kemampuan yang diinginkan.

Selamat Berlatih. 🙂

 

Similar Posts