Apa kabar para pebeladiri dimana pun Anda berada? Banyak yang menanyakan mengenai kualitas produk yang tersedia di Mokuzaisport. Karena sebagian besar produk-produk di Mokuzaisport berbahan kayu seperti Mok Yan Jong / Wooden Dummy, Bokken, Nunchaku, Jo, Tanto, dan lain sebagainya, maka kali ini kita akan membahas mengenai struktur kekuatan kayu dong. Hehehe….

Seperti yang Anda ketahui, bahwa untuk produk-produk yang tersedia di Mokuzaisport tidak hanya menggunakan satu macam bahan kayu saja, tapi ada banyak macam bahan kayu. Misalkan untuk pembuatan Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Boneka Kayu Wingchun, bahan kayu yang digunakan antara lain kayu mahoni, kayu jati, kayu nangka, kayu akasia, dan kayu sonokeling.

Misalkan lagi untuk produk Bokken atau Pedang Kayu yang biasanya digunakan oleh para pebeladiri Aikido, Kenjutsu, Kendo atau beladiri lainnya yang sesuai menggunakan bahan kayu bengkirai, kayu sawo dan kayu sonokeling.

Dari berbagai macam bahan kayu yang tersedia di Mokuzaisport, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa produk-produk KIMU di Mokuzaisport itu berkualitas. Nah melalui artikel ini, kami ingin menjawab tanda tanya tersebut sehingga nantinya para pebeladiri dapat memilih produk-produk peralatan beladiri yang tepat dan berkualitas.

Selain usia kayu yang cukup tua, ada banyak faktor yang mempengaruhi sebuah produk kayu dapat memiliki kualitas yang cukup tinggi. Ada dua hal yang perlu Anda ketahui mengenai struktur kekuatan kayu dalam produksi produk-produk peralatan beladiri yang dijual dan tersedia di Mokuzaisport.

1. Lapisan Kayu

Dari gambar struktur lapisan kayu di atas, lapisan kayu yang paling tepat untuk pembuatan produk adalah bagian kayu teras. Menurut Wikipedia, Kayu teras (disebut juga heartwood, duramen[5]) adalah kayu yang terbentuk lebih awal pada suatu pohon dan telah mati dan terletak di bagian dalam dari sebuah kayu. Kayu teras tidak memiliki pembuluh yang berfungsi lagi. Kayu teras sebelumnya adalah kayu gubal (bagian dari kayu yang masih hidup) yang mengalami penumpukan mineral. Keberadaan mineral ini menjadikan kayu teras cenderung lebih keras dibandingkan kayu gubal.

Itulah mengapa sebuah produk furnitur atau produk-produk peralatan beladiri seperti yang tersedia di Mokuzaisport hanya menggunakan bagian yang paling keras pada lapisan kayu yaitu lapisan kayu teras.

2. Struktur Kekuatan Kayu pada batangnya secara vertikal

Yang ini jarang sekali diulas. Karena memang tidak banyak dari para konsumen produk-produk di Mokuzaisport yang mengetahui bahwa struktur batang kayu secara vertikal memiliki pengaruh yang signifikan dalam proses produksi.

Dalam proses produksi produk-produk KIMU yang tersedia di Mokuzaisport, tidak seluruh batang kayu gelondongan akan digunakan dalam proses produksi untuk menjadi produk jadi. Dari keseluruhan gelondong kayu yang ada, hanya bagian paling bawah sampai sekitar 60% saja yang memiliki kualitas terbaik dan sesuai dengan standar produksi.

Hal itu dikarenakan bagian kayu yang paling tua itu adalah yang paling bawah. Semakin ke atas usia bagian-bagian kayu semakin muda.

Dari situ dapat kita buat kesimpulan bersama bahwa apabila untuk mendapatkan kualitas kayu yang terbaik maka hanya 60% saja dari keseluruhan gelodong batang kayu. Sehingga dapat kita simpulkan lagi bahwa untuk mendapatkan produk peralatan beladiri berbahan kayu yang berkualitas membutuhkan ketelitian, standar dan proses yang tidak murah.

Dua hal di atas adalah beberapa faktor dari sekian banyak faktor lain. Dan dua hal mengenai struktur kekuatan kayu di atas mudah-mudahan bermanfaat dan dapat memberikan gambaran yang cukup untuk para pebeladiri dalam memilih produk-produk peralatan beladiri.

Dan tentu saja semoga artikel ini menjawab pertanyaan yang mungkin muncul yaitu mengapa produk-produk yang tersedia di Mokuzaisport adalah produk-produk berkualitas.

Untuk informasi mengenai detail dan spesifikasi produk-produk peralatan beladiri berbahan kayu yang tersedia di Mokuzaisport seperti Mok Yan Jong / Wooden Dummy, Bokken / Pedang kayu, Nunchaku / Double Stick dan lain sebagainya Anda dapat membacanya pada menu “Produk Kayu” di Mokuzaisport.com.

Similar Posts