Berlatih Beladiri dengan Menggunakan Samsak / Sandsack

Di kalangan praktisi beladiri, samsak atau sandsack bukanlah sesuatu yang asing. Peralatan berlatih beladiri ini sudah banyak dikenal karena sering digunakan di berbagai macam beladiri.

Sandsack atau dalam bahasa Indonesia disebut samsak adalah karung yang biasanya berisi pasir yang digantung di langit-langit untuk dijadikan sasaran latihan pukulan dan tendangan. Dan pada umumnya sandsack berbentuk seperti guling.

Berlatih beladiri menggunakan samsak atau sandsack merupakan cara berlatih yang cukup simpel. Latihan beladiri dengan menggunakan samsak / sandsack biasanya adalah untuk melatih pukulan dan tendangan. Biasanya dengan cara memukul dan menendang samsak sampai goyangan samsak semakin jauh. Meskipun cukup sederhana, namun latihan ini tetap memerlukan proses latihan yang terus menerus.

berlatih beladiri menggunakan sandsack / samsack - mokuzaisport.com

pukulan sandsack / samsak – mokuzaisport.com

Pada umumnya sandsack berisi pasir, dan memang pada awalnya sandsack adalah karung yang berisi pasir. Namun, sekarang sudah banyak pengganti pasir yang dapat digunakan sebagai isian sandsack / samsak, antara lain kain perca, pasir, serbuk karet vulkanisir atau bahan lainnya. Isian ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing praktisi beladiri.

Untuk dapat tergantung di langit-langit maka diperlukan semacam tali untuk dapat menggantung samsak di langit-langit. Namun, agar samsak dapat tergantung dengan kuat dan kokoh sebaiknya Anda memilih samsak yang menggunakan rantai untuk menggantung. Selain menjadikan samsak terlihat tampak tangguh, penggunaan rantai membuat samsak lebih aman tergantung di langit-langit.

Rantai pada samsak / sandsack KIMU - www.mokuzaisport.com

Rantai pada samsak / sandsack KIMU – www.mokuzaisport.com

 

Rantai pada Samsak / Sandsack GENBU - www.mokuzaisport.com

Rantai pada Samsak / Sandsack GENBU – www.mokuzaisport.com

Memilih lapisan pada bagian tubuh samsak adalah sangat penting. Karena pada bagian tubuh samsak adalah bagian yang paling sering terkena pukulan atau tendangan maka penting sekali memilih samsak dengan lapisan yang kuat dan berkualitas pada bagian tubuh samsak tersebut.

Maka dari itu salah satu yang paling penting dipertimbangkan dalam memilih samsak adalah bahan lapisan samsak itu sendiri. Misalkan untuk samsak yang baik dan berkualitas Anda bisa memilih samsak yang menggunakan lapisan kain kanvas tebal pada lapisan dalamnya yang kemudian dilapisi dengan terpal untuk melapisi bagian luarnya.

Atau Anda dapat menggunakan samsak / sandsack yang berbahan terpal 2 atau 3 lapis dan kemudian ditambah lapisan vinil untuk melapisi bagian yang paling sering terkena benturan, pukulan dan tendangan. Dengan Anda menggunakan lapisan vinil pada samsak maka lapisan terpal didalamnya akan lebih aman dari pukulan dan tendangan.

 

menggunakan samsak / sandsack KIMU - www.mokuzaisport.com

Pemasangan Vinil pada samsak / sandsack KIMU – www.mokuzaisport.com

Yang perlu diperhatikan adalah memilih dan menggunakan samsak / sandsack sangat membantu Anda dalam berlatih. Namun yang lebih penting daripada itu adalah ketekunan dan kedisiplinan dalam berlatih. Meskipun memiliki dan menggunakan samsak / sandsack yang berkualitas tidak menjamin seseorang menjadi ahli beladiri tanpa disertai dengan ketekunan dan semangat berlatih.

Tentunya dengan memiliki peralatan berlatih beladiri seperti samsak diharapkan dapat meningkatkan semangat dan ketekunan dalam berlatih.

Mokuzaisport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat
Tanya cs kami disini
Halo... Apa yang bisa kami bantu?